Langkah-Cerdas-Menjadi-Wirausaha-Muda-yang-SuksesMenjadi Wirausaha Muda yang Sukses – Seharusnya pemerintah mendorong para wirausaha muda yang berada di Indonesia untuk lebih memperkuat lagi keekonomian negara ini. Mantan Menko Perekonomian yang memang beliau memulai karirnya dari seorang wirausaha memberikan sejumlah tips untuk diberikan kepada seluruh pemuda-pemudi Indonesia yang memang ingin meniti karirnya menjadi seorang wirausaha yang baik serta sukses di usia yang masih muda.

Beliau mengungkapkan, langkah awal yang harus dilakukan guna kelangsungan karir yang sukses adalah seluruh masyarakat yang memang akan memulai karirnya terutama para pengusaha muda harus lebih berani lagi dalam menghadapi setiap kegagalan yang terjadi, bahkan mereka juga harus lebih berani untuk bangkit dari keterpurukan yang terjadi tersebut. Berdasarkan ucapan yang diungkapkan beliau, beliau mengatakan bahwa dalam menuju atu kesuksesan Anda tidak akan menemukan satu jalan yang lunak untuk Anda pijak, sebab semua jalan yang akan Anda temukan merupakan jalan-jalan yang sangatlah keras.

Bukan hanya itu, beliau juga mengungkapkan, bahwa untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses Anda tidak boleh menjadi seorang yang pengecut, karena kesuksesan bukan bagi mereka yang pengecut, melainkan untuk mereka orang-orang yang berani dalam segala hal.

Cara kedua yang diberikan oleh Hatta adalah, seluruh masyarakat yang memang memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses harus memiliki keberanian yang lebih guna menjadi seorang pemimpin yang lebih tangguh. Bahkan seorang pemimpin yang tangguh harus mampu merubah sekecil sampah menjadi satu aktivitas perekonomian yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Untuk cara ketiga, masih cara yang diberikan oleh Hatta, jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses di usia muda Anda, maka Anda harus memiliki jiwa kreatif serta Anda juga harus memiliki jiwa yang tumbuh. Dan kunci yang tepat yang bisa Anda gunakan adalah Anda harus mampu belajar dari kegagalan serta belajar kesuksesan orang lain.

Untuk cara yang keempat, bagi Anda yang memang memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausaha, maka Anda harus memiliki jiwa yang inovatif. Dan untuk tips terakhir yang diberikan adalah Anda harus mampu bersyukur dengan apa yang Anda raih sekecil apapun itu, setia kawan, serta Anda harus mampu menghargai seluruh karya yang memang telah dibuat oleh orang lain.

Sebelumnya, beliau juga berkisah bahwa beliau pada awalnya hanyalah seorang pengusaha biasa yang tidaklah begitu besar. Oleh sebab itu, saat ini dirinya mampu memahami betul apa yang harus Anda butuhkan untuk menjadi seorang wirausaha muda yang sukses, baik usaha tersebut bersifat besar ataupun kecil.

Dan telah kita ketahui bersama, sektor wirausaha merupakan salah satu faktor penggerak dalam bidang perekonomian bangsa Indonesia ini. Agar menjadi lebih maju dari usaha sebelumnya, memang saat ini Indonesia tengah membutuhkan setidaknya sebanyak 2% dari jumlah penduduk untuk berwirausaha.

Dan saat ini, para wirausaha yang berada di Indonesia jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara tetangga yaitu jumlahnya masih dibawah satu persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*