Universitas Bina Darma – Tanggal 6 dan 7 Agustus 2014 yang lalu merupakan ajang wirausaha muda binadarma (wmb) 2014 yang ke dua kalinya diadakan oleh Universitas Bina Darma. Pada ajang tersebut, lebih dari 130 jenis produk yang dihasilkan oleh mahasiswa di pajang dan dipamerkan dalam acara wirausaha muda binadarma yang merupakan tugas sebagai syarat dalam matakuliah kewirausahaan. Lebih dari 700 peserta yang mengikuti acara ini dan dari sebagian program studi yang ada di UBD seperti program studi olahraga, sistem informasi, teknik industri, bahasa dan sastra, dan beberapa program studi lainnya. Salah satu dari peserta ini yang menarik adalah produk Lampu Hias dari Limbah Kardus yang disulap oleh sekawanan mahasiswa Program Studi Teknik Industri UBD. Mereka adalah Eko Wawan Prasetio, Arief Novriyanto, Defriadi, Murdiono, dan Muslim Arisandi yang menciptakan lampu hias dari limbah kardus.
“Kami sangat prihatin melihat sampah kardus menumpuk di depan kampus, dan akhirnya kami sepakat untuk memanfaatkan limbah kardus ini menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bisa menekan sampah yang berbahan dari kardus”, ujar Eko Wawan Presetio saat ditemui di acara wirausaha muda binadarma saat itu.
Menurut Eko, untuk membuat satu lampu hias tersebut hanya membutuhkan kurang dari 20 ribu rupiah untuk membeli lem perekat, lampu, kabel, dan saklar. “Lampu-lampu ini dapat langsung digunakan sebagai lampu hias di ruang tamu maupun tempat tidur”, terangnya.
Kedepannya, mereka akan mengembangkan hasil inovasi tersebut dengan membuat variasi lampu hias dari limbah kardus ini yang dapat digantung di plafon rumah seperti lampu lampion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*