PALEMBANG – Kantor Bank Indonesia (KBI) cabang Palembang tahun ini membuat program pelatihan wirausaha muda dengan segmentasi mahasiswa dengan melibatkan 11 universitas di Palembang.Program pelatihan wirausaha ini dilakukan untuk menciptakan pelaku usaha berjiwa entrepreneur yang mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain sekaligus berdaya saing tinggi. “Untuk penyeleksian, kami serahkan semua kepada 11 universitas yang telah bekerjasama dengan BI. Masing-masing universitas dapat mengirimkan hingga 20 peserta yang masih aktif sebagai mahasiswa. Saat ini data yang masuk sudah 125 peserta dan akan kembali diseleksi menjadi 30 peserta untuk mengikuti program pelatihan wirausaha BI,” kata Analis Muda Senior Bank Indonesia Palembang Gamal Muhamad, kemarin.

Adapun 11 universitas yang terlibat dalam program pelatihan wirausaha BI ini antara lain Universitas Sriwijaya, Universitas Bina Darma, Universitas Muhammadiyah, Universitas PGRI, Universitas Kader Bangsa, MDP, dan STIE Musi. Untuk mengikuti program pelatihan kewirausahaan BI ini, kata dia, maksimal usaha yang dijalankan sekira satu tahun dengan beragam jenis usaha yang dijalankan. Namun jika usaha yang digeluti itu sudah menginjak lebih dari satu tahun, langsung dianggap gugur.

“Kami memang mencari usaha yang benar-benar baru berjalan, namun memiliki prospek yang cerah. Kami di sini bukan hanya melakukan penyeleksian, tapi hingga ke pendampingan,” kata dia.

Bahkan, kata Gamal, pihaknya juga memberikan modal kepada seluruh peserta dengan asumsi besaran disesuaikan dengan kemampuan atau pengajuan dan kondisi ataupun jenis usaha yang dijalankan. Untuk pemberian modal baru akan direalisasikan pada 2013.

Pemimpin BI Palembang Sutikno mengatakan, program wirausaha muda BI ini merupakan bagian dari peran serta BI dalam meningkatkan ekonomi riil melalui sektor UMKM yang menjadi pilar penggerak perekonomian suatu bangsa. “Konsistensi BI untuk menciptakan wirausahawan muda akan terus berjalan,” kata dia. (darfian jaya suprana/koran si)

(rfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*