ristekSOSIALISASI
PROGRAM IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN TAHUN KE-2
UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG
TAHUN 2016

UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG berkerjasama dengan Direktorat Jenderal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, menyelenggarakan kegiatan “IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN (IBK). Luaran dari program IBK ini adalah mencetak minimal 5 (lima) wirausaha baru berbasis IPTEKS per tahun. Metode pelaksanaan program IBK yaitu Pelatihan Kewirausahaan, Magang di Unit Usaha Kecil Menengah, Workshop, Seminar Kewirausahaan. Bagi tenan yang mempunyai proposal business plan yang bagus, akan mendapatkan tambahan modal usaha.

Program IbK setiap tahun direncanakan membina 20 (15 Mahasiswa, 5 Alumni) calon wirausaha yang diutamakan adalah mahasiswa peserta sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan, Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM) dan mahasiswa yang sudah berwirausaha atau yang merintis usaha baru.

a. Pendaftaran calon tenant
Mahasiswa yang berminat menjadi tenant diharuskan mengikuti rekruitment calon tenant / peserta Ibk dengan persyaratan administrasi sebagai berikut :
1. Mahasiswa Universitas Bina Darma dengan status aktif kuliah atau alumni Universitas Bina Darma Palembang.
2. Minimal duduk pada semester 2 dan maksimal duduk pada semester 5 untuk program diploma III dan maksimal duduk pada semester 7 untuk program strata satu.
3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK) minimum 2.5
4. Diutamakan telah mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (Penelitian, Kewirausahaan, teknologi, karsa cipta) atau kegiatan Kewirausahaan lainnya
5. Mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan, diutamakan mahasiswa yang telah atau sedang merintis usaha baru sebagai wirausaha
6. Telah menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan.
7. Memiliki obsesi untuk mendirikan usaha.

b. Seleksi calon tenant
Agar proses berjalan dengan lancar dan luaran tercapai, maka seleksi yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap seleksi administrasi, tes tulis, dan tes wawancara. Kriteria yang diterima menjadi calon tenant adalah mahasiswa yang mempunyai nilai tertinggi (nilai tes tulis ditambah dengan nilai tes wawancara) diambil 15 orang mahasiswa dan 5 Alumni. Kemudian mahasiswa menandatangi surat pernyataan kesanggupan menjadi tenant dan akan bersedia menjadi mahasiswa wirausaha.

1. Seleksi administrasi
Seleksi administrasi yaitu seleksi yang dilakukan untuk memeriksa kelengkapan surat lamaran beserta dengan lampirannya. Semua berkas lamaran dicek oleh tim rekrutmen kemudian bagi yang lolos seleksi akan di umumkan melalui website. Kemudian dipanggil untuk mengikuti seleksi berikutnya yaitu tes motivasi (bakat minat) oleh pusat layanan psikologi Universitas Bina Darma.
2. Tes wawancara
Tes wawancara yaitu tes yang digunakan untuk mengetahui performance, komunikasi dan kepribadian calon tenant.

c. Jadwal Pendaftaran calon tenant
1. Pendaftaran Tanggal 16 Maret 2016 sampai dengan 28 Maret 2016
2. Tes Motivasi (Bakat Minat) tanggal 1 April 2016
3. Tes Wawancara tanggal 4 April 2016

d. Prosedur Pendaftaran
Mengisi formulir pendaftaran dapat di download di website BDEC (http://bdec.binadarma.ac.id) dan dikembalikan ke ruang BDEC Kampus Utama Lt.2 Univ. Bina Darma.

Demikian sosialisasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Palembang, 3 Maret 2016
Ketua Tim

Rahma Santhi Zinaida, S.Si., M.Ikom
NIP. 081509263

Nb: Formulir Pendaftaran download Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>